記事一覧

Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung dan Mual Saat Puasa

Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung dan Mual Saat Puasa - Perut kembung dan mual kerap menyerang sementara puasa. Dalam dunia medis, perut kembung dan mual disebabkan oleh dispepsia. Dispepsia merupakan kumpulan tanda-tanda tidak nyaman di perut anggota atas yang terjadi secara berulang.

Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung dan Mual Saat Puasa

Ada banyak ragam penyebab dispepsia; seperti pemakaian obat-obatan dan infeksi saluran pencernaan. Selain itu ada pula yang berbentuk fungsional atau tidak terdapat kelainan di organ pencernaan. Pada umumnya, sebagian besar penderita dispepsia mengalami style fungsional.

Penderita dispepsia fungsional kebanyakan mengeluhkan sebagian situasi seperti rasa penuh di perut, lebih-lebih sesudah makan. Keluhan yang lain adalah perut kembung, cepat kenyang, dan nyeri atau panas di daerah hulu hati.

Pada situasi yang berat bisa terjadi muntah terus-menerus, anemia, sukar menelan, sampai penurunan berat badan. Untuk situasi seperti ini, Anda perlu langsung berkonsultasi bersama dokter.

Kalau sudah begini, ada tiga solusi yang tepat untuk mengusir kembung dan mual sementara sahur atau berbuka yaitu :

Pas Porsinya. Makanlah didalam porsi kecil atau secukupnya sementara sahur dan berbuka puasa disempurnakan makanan gampang yang sehat.

Pas Caranya. Makan pelan-pelan dan dikunyah dulu. Jangan asal menelan makanan. Minum air terhadap sementara selesai makan, bukan terhadap sementara makannya.

Pas Nutrisinya. Kurangi makanan yang sifatnya asam seperti jeruk, berlemak dan pedas. Kurangi termasuk sayur dan buah yang bisa menimbulkan gas berlebih di perut seperti sawi, kol, kedondong, nangka, pisang ambon, ketan, mie instant, ubi, talas, dodol, dan cokelat. Juga mengurangi minuman kafein dan bersoda. Perbanyak buah segar.
Beberapa bahan makanan sudah diketahui bisa mengurangi tanda-tanda masalah saluran pencernaan, salah satunya adalah jahe. Sebuah penelitian di Cina yang dimuat di World Journal of Gastroenterology sudah perlihatkan khasiat jahe.

Penelitian berikut perlihatkan bahwa ekstrak jahe yang diberikan terhadap pasien dispepsia bisa mendukung pengosongan lambung dan pengeluaran gas. Hal ini membawa dampak tanda-tanda dispepsia seperti begah, perut kembung, dan mual pun berkurang.

Baca Juga :
Ingin Anak Tinggi? Konsumsilah Telur 1 Butir Sehari.. Ampuh!
Apakah Benar Kanker Serviks Bisa Dicegah Dengan Vaksin?
Makan Dengan Bungkus Daun Pisang? Inilah Manfaat Hebatnya

Komen

No title

Hello to every one, it's really a pleasant for me to
pay a visit this site, it contains valuable Information.

No title

I was suggested this web site by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my difficulty.

You're amazing! Thanks!

Posting komen

Komen pribadi